Jumat, 19 Februari 2016

PERAWATAN BURUNG ANIS MERAH


 Hasil gambar untuk burung anis merah
PERAWATAN BURUNG ANIS MERAH

     Salam kicau mania... semua orang tahu dengan burung yang satu ini, tidak hanya di kalangan para kicau mania saja, karena burung anis merah adalah burung yang begitu mempesona baik dari warnanya, suara nyanyiannya, ataupun ciri khas telernya yang begitu mempesona meliuk kekiri dan kekanan. Pertama – tama mimin akan menjelaskan karakter dari burung ini dahulu.
      Anis merah atau anis cacing atau punglor bata dan termasuk jenis spesies zoothera citrina. Adalah jenis burung berkarakter pemalu/sensitif terhadap baik manusia, hewan, perubahan lingkungan, perubahan pemberian pakan, ataupun perubahan jadwal memandikannya. Anis merah memiliki karakter yang agak berbeda dari burung kicauan lainnya. Jika jenis burung lainnya mudah terpancing untuk bunyi, tidak demikian dengan anis merah. Bahkan ada anggapan bahwa memelihara anis merah memerlukan kesabaran tingkat tinggi.
     Namun bagi yang sudah lama memelihara aneka jenis burung kicauan, merawat anis merah tidak jauh berbeda dari jenis kicauan lainnya. Hanya saja diperlukan improvisasi dan beberapa experimen di sana-sini. Untuk perawatan harian burung anis bisa dicoba dengan beberapa tips di bawah ini (anis merah trotolan/muda hutan)

1. pemberian pakan harian

Pakan harian berupa voer sesuaikan dengan kebutuhan dan kepercayaan para KM terhadap suatu merk/produk yang biasa di beli.Pakan tambahan / extra fooding (EF) diperlukan untuk menjaga kondisi dan mendukung aktivitas harian burung, berupa ulat hongkong, jangkrik, cacing kalung dan buah-buahan (pisang kepok, pepaya, tomat, kiwi, apel merah, sawo, alpukat) yang segar. Jika burung tidak mau bersuara ngeplong, cenderung ngeriwik saja, berarti pemberian EF harus lebih ditingkatkan, baik porsi maupun jenisnya. Semua EF di atas ada pengaruh dan kelebihannya masing-masing.

2. Berikan suasana tenang

Jika Anda menggantung sangkar di tempat biasa, dan selama itu pula anis merah hanya ngeriwik, itu berarti sudah waktunya memindah sangkar ke tempat lain yang lebih nyaman. Ini bisa membantu / memancing anis merah untuk mengeluarkan suara ngeplongnya. Alternatifnya, jangan mengedorong burung pada malam hari. Jika selama ini burung ogah ngeplong lantaran merasa kurang nyaman pada siang hari, maka pada malam hari dan dalam kondisi tanpa kerodong itulah burung biasanya mau mengeluarkan suara ngeplongnya. Begitu juga yang terjadi ketika jika Anda rutin memberikan pengembunan di pagi hari.

3. Pancing birahinya dengan burung sejenis 

Para KM bisa membawa burungnya ke acara latberan untuk membiasakan keramaian, juga bisa mengajak teman-teman KM yang memiliki anis merah baik yang masih ngeriwik atau sudah ngeplong untuk berkumpul dan mengecas jagoannya masing-masing. Biasanya, dalam kondisi tersebut, ada satu atau beberapa burung yang terpancing mengeluarkan suara kicauannya dengan kencang. Bahkan ada juga yang langsung teler.

4. Dongkrak birahinya dengan multi vitamin

Apabila burung tetap bersuara ngeriwik, meski sudah lama dipelihara bahkan mendapat perawatan seperti saran di atas, para KM bisa mencoba alternatif lain seperti memberinya multi vitamin tambahan baik yang di campur dalam air ataupun di oleskan pada EF. Bisa jadi kemungkin anis merah para KM secara genetik ada kekurangan hormon. Jika semua cara diatas berhasil, anda sebaiknya merawat dan menjaga burung dengan konsisten dan bisa juga membaca menjaga performa burung anis merah dalam ulasan berikutnya.