Minggu, 27 Desember 2015

LOVEBIRD



                                               PESONA BURUNG LOVEBIRD


AGAPOPORNIS
     Langsung saja om. Pasti para kicau mania sudah sudah tahu dengan jenis burung yang satu ini, yaitu burung yang termasuk dalam jenis burung paruh bengkok lovebird (agapornis). 

LB NONKLEP


JENIS LOVEBIRD
     Jenis burung love bird yang banyak para KM ketahui adalah ada dua jenis. LB klep(kaca mata) dan lb nonklep(tidak berkaca mata) atau sering juga disebut lb barong/holland. Pertamanya burung ini adalah burung masteran burung kicauan, karena suaranya yang kasar dan keras. Namun entah mengapa para KM banyak yang berminat terhadap LB klep. Saking banyaknya peminat sehingga banyak pula perlombaab-perlombaan kontes kicau burung lb ini. Dan harganya pun melambung.
LB KLEP

MEMBEDAKAN LB JANTAN DAN BETINA
     Cara membedakan burung LB gampang-gampang susah. Meski cukup berpengalaman namun tetap saja sering salah karena dari karakter dan caturangga sering ada yang sama. Sehingga burung ini termasuk kedalam kelompok intermediate (burung yang jenis kelaminnya agak sulit dibedakan dari tampilan luarnya).  Ada beberapa reperensi yang tingkat keakuratannya 60%-99% jelas jenis kelaminnya, berdasarkan pengalaman saya selama 5tahun dalam beternak burung lb.
1.     Dari caturangga jantan cenderung lebih ramping, di saat bertengger kaki rapat, ekor lancip, paruhnya pun lancip. Sedang betina berbadan agak bulat dan besar, saat bertengger kaki cenderung melebar, ekor agak terbuka, paruh agak lebar dan bulat.

LB JANTAN
LB BETINA
2.     Dilihat dari karakter dan tingkah lakunya. Bila dilihat dari caturangga para KM yakin 60% jantan atau sebaliknya, lalu dilihat dari karakter dan tingkah lakunya, biasanya jantan cenderung lebih aktif dan jika di dempet dengan betina lebih sering ngekek, mondar mandir, seperti mau muntah, kadamg ngekek sembari memutar merayap di atas jeruji sangkar. Jika betina cenderung sering ngekek sambil tidur, jika bertemu pejantan langsung ngekek, gigit jeruji dan tak lama merebahkan sayapnya(ngapal).
3.     Dan yang terakhir dengan meraba capit urang yang terdapat antara anus dan perut. Jika di rasa antara poin 1 dan 2 ada banyak pendekatan dengan apa yang anda fikirkan maka sebagai referensi berikutnya untuk lebih meyakinkan para KM bisa meraba ada 2 benjolan bila ditekan cukup keras dan rapat jantan. Dan bila di tekan melebar dan merenggang betina.
Namun perlu diingat semua hal diatas berdasarkan umur burung lovebird kisaran 3 bulan keatas. 
Lalu pertanyaannya bagaimana cara membedakan jenis kelamin lovebird anakan yaitu kisaran 3 bulan kebawah..? jawabannya mungkin bila kita mempunyai jam terbang yang mumpuni hanya dengan feeling saja dapat membedakan jantan atau betina. Tetapi bila kita sebagai pemula prosentasenya mungkin hanya kisaran 60% saja, kebanyakannya hanya 50:50. Karena anakan lb baik dilihat dari poin 1,2 dan 3 semuanya sama saja baik jantan maupun betina, namun kadang meski LB masih muda sudah dapat terlihat ciri-cirinya. Anda juga bisa membaca tentang cara beternak lovebird di potingan berikutnya.