Senin, 04 Januari 2016

BERTERNAK LOVEBIRD



ASIKNYA BERTERNAK BURUNG
     salam kicau mania... kali ini saya akan membahas tentang berternak/menangkarkan atau dalam bahasa kerennya breading, sehingga orang yang melakukannya di sebut breader he..he.. Langsung aja, kali ini saya akan membahas tentang beternak burung lovebird. Kenapa saya membahas burung lb dahulu..? karena lb adalah burung yang cenderung banyak peminat dan dari segi harganya pun relatif setabil. Cara beternaknya pun cukup mudah, tetapi bagi pemula cukup sulit juga he..he..
     Dalam ulasan sebelumnya, saya telah menjelaskan tentang jenis lb dan perbedaan jenis kelamin lb. Nah jika para kicau mania telah yakin jenis lb mana yang akn di tangkarkan serta telah yakin akan jenis kelaminnya, sekarang sy akan mengulas cara penjodohannya.
      1.     Cara menjodohkan lovebird
Setelah kita yakin lb kita jenis kelaminnya dan sudah cukup umur, betina 8 bln, pejantan 1 tahunan. Hal yang utama adalah PDKT (pendekatan) dahulu, yaitu mendekatkan kedua burung tersebut selama 1 minggu atau lebih (di gantung pake sangkar terpisah). Setelah di rasa cukup saling mengenal, barulah msukan betina ke dalam sangkar pejantan. Kenapa betina yang di masukan ke sangkar jantan...? karena betina cenderung agresif dan galak meski pejantan sudah berumur cukup dewasa tetep akan kalah sama betina meski berumur sangat muda sekalipun jikalau betinanya tidak menyukainya. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya perkelahian yang sangat membahayakan pejantan dan akan sulit lagi untuk pejantan sampai siap kawin karena jantan akan trauma yang cukup lama.
      2.     Ciri lovebird berjodoh
Jika keduanya saling cocok, maka betina akan membuka sayap (ngapal), dan jantan akan mondar mandir, garuk-garuk paruh dan seperti mau muntah dan tak lama lagi akan saling meloloh dan kawin itu berarti burubg kita sudah berjodoh. Tetapi biasanya meski betina sudah di kawin, akan terjadi pertengkaran sesekali itu merupakan hal yang alami.
Demikian cara singkat dari saya tentang menjodohkan burung lovebird, mungkin saya akan mengulas tentang trik penjodohan sampai lb benar-benar berjodoh dan berhasil mengembang biakannya di ulasan berikutnya. Dan perlu diingat juga burung lovebird adalah burung monogami burung cinta terhadap satu pasangannya saja, sehingga dalam proses penjodohan pun akan selalu banyak kendala yang cukup banyak menguras kesabaran sebagaimana akan saya ulas tentang Macam Masalah dan Solusinya Beternak Lovebird di postingan berikutnya wassalam.