Jumat, 08 Januari 2016

Burung Kutilang

Kutilang Kapas


          Asalammualaikum rekan kicau mania.? Kali ini saya akan membahas tentang burung kutilang/cucak kutilang/cangkurileung(bahasa sunda) sebagian orang jawa menamainya juga dengan burung ketilang atau gentilang.

          Burung kutilang di Indonesia terdiri dari dua jenis yaitu Kutilang biasa/kapas/sutra/dengan nama ilmiah Pycnonotus Aurigaster dan kutilang emas dengan nama ilmiah Pycnonotus Melanicterus.

          Ciri burung kutilang biasa dengan kutilang emas cukuplah signifikan dari warna dan suaranya, tetapi dalam hal pakanannya keduanya sama-sama menggemari macam serangga, ulat hongkong, kroto, serta buah-buahan dsb.

          Burung kutilang biasa, penyebarannya cukup banyak karena burung ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan disekitarnya sedangkan burung kutilang emas sangat sulit di dapat keberadaannya dikarenakan burung ini sulit beradaptasi sehingga penyebaran dan populasinya pun cukup rendah.

Kutilang Emas
          Dari segi suara memang burung kutilang biasalah yang cukup berpariasi sedangkan dari segi volume burung kutilang emas patut di perbandingkan. Namun daya tahan dari burung kutilang emas cukuplah rentan, sehingga jarang sekali dari para penghoby burung tuk merawat burung ini.

Ciri Burung Kutilang Jantan


          Burung kutilang adalah termasuk jenis burung monomorfik karena tidak bisa dibedakan dari luar, baik warna, dan fostur tubuh. Tetapi berdasarkan pengalaman burung kutilang dapat di bedakan dari fosturnya mungkin bisa jadi bahan referensi juga bagi kicau mania untuk merawat burung ini tetapi tidak bisa menjamin 100%. Diantaranya dari bentuk badan tidak terlalu gemuk, berdiri tegap, paruh besar dan meruncing, bulu bawah ekor berwarna kuning jingga(bukan kuning tahu), dan jambul yang cukup melebar.

Tips memilih burung kutilang mudautan dalam kandang ombyokan.

          Rekan kicau mania bisa meniru cara pengalaman saya dalam memilih burung kutilang ataupun bisa juga di praktekan ke jenis burung yang lain dalam kandang ombyokan di pasar burung ataupun kios-kios burung di sekitar anda. Yaitu masukan tangan anda ke kandang ombyokan, lalu putar-putar tangan anda seperti  mengocek air cukup sebentar saja sehingga burung kutilang dalam kandang pun pada ketakutan, lalu tangan anda keluarkan bila ada burung yang langsung berbunyi langsung tandai dengan semprotan air dan ambil. Ini berdasarkan pengalaman saya yang kesemuanya benar adanya pas di rumah setelah beberapa hari burung pun mulai bernyanyi. Sekian dulu rekan kicau mania mudah-mudahan bermanfaat wassalam..